HomeBerita UtamaBolmong Raya

Jembatan Ambruk, 29 Rumah Hanyut, 4.308 Jiwa Terdampak Banjir

Jembatan Ambruk, 29 Rumah Hanyut, 4.308 Jiwa Terdampak Banjir

BOLSEL, JP- Bencana banjir kembali menghantam Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Jumat (31/07/2020).

Air sungai di beberapa wilayah meluap dan merendam pemukiman warga, yakni Sungai Bolangaso, Toluaya, Salongo, Nunuka, Mongolidia, Milangodaa dan beberapa sungai lainnya

Akibat banjir ini tercatat kurang lebih 29 rumah hanyut terbawa arus air dan 64 rumah rusak berat. Sebanyak 4.308 jiwa atau 1.327 KK terdampak banjir tersebut, yang tersebar di 11 Desa dan 3 Kecamatan meliputi; Desa Salongo, Desa Toluya, Desa Soguo dan Desa Salongo Barat di Kecamatan Bolaang Uki.

Baca Juga  BPK Sebut 16 SKPD "Bermasalah", Ini Instruksi Wagub Steven

Selain itu sejumlah fasilitas pelayanan publik juga ikut terendam, seperti sekolah, kantor dan balai desa, kantor instansi pemerintah, serta fasilitas umum seperti pasar tradisional, tempat pelelangan Ikan. lapangan olah raga, serta fasilitas umum lainnya.

Bahkan jembatan Sinandaka di Desa Sinandaka Kecamatan Helumo, yang merupakan salah satu akses penghubung Kabupaten Bolsel dan Provinsi Gorontalo ambruk.

Hingga kini di beberapa wilayah banjir bahkan belum surut dan sisa material yang dibawa banjir bandang berupa air lumpur masih menggenangi rumah penduduk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolsel Daanan Mokodompit mengatakan bahwa hujan masih terus mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Bolsel.

Baca Juga  OTT Komisioner KPU Diduga Terkait PAW Anggota DPR PDIP

“Masyarakat telah mengungsi ke balai desa dan sebagian ke rumah penduduk lainnya yang tidak terdampak banjir bandang,” ujarnya.

Daanan mengaku belum mengetahui data jumlah korban jiwa dan total kerugian material akibat banjir ini. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0