HomePendidikan & Agama

KABAR DUKA: Imam Keuskupan Amboina Ini Tutup Usia, Tinggalkan Karya Mengagumkan di Sulut

KABAR DUKA: Imam Keuskupan Amboina Ini Tutup Usia, Tinggalkan Karya Mengagumkan di Sulut

MANADO, JP – Kabar duka datang dari Keuskupan Amboina. Pastor Yonas Atdjas S.S, Lic.Th., Pr., dikabarkan telah meninggal dunia, Kamis (18/08/2022) pagi.

“BERITA DUKA KEUSKUPAN AMBOINA:
Telah meninggal dunia RD. YONAS ATDJAS pada hari Kamis, 18 Agustus 2022, jam 04.55 WIT di Rumah Sakit Siloam Ambon. Mohon doa utk keselamatan jiwanya.
Sekum RD Agus Arbol,” demikian pesan yang beredar di whatsapp group.

Lahir di Saumlaki, Olilit, Tanimbar Sel., Kab. Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, tanggal 18 Januari 1964 silam, Almarhum yang adalah Pastor Projo dari Keuskupan Amboina ini merupakan jebolan S1 pada Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STF-SP) dan S2 pada Accademia Alfonsiana, Roma. Almarhum masuk Propadause tahun 1983 bersama 44 calon imam lainnya, dan menurut Ketua STF-SP Pastor Gregorius Hertanto MSC, Almarhum tercatat sebagai mahasiswa STFSP Nomor urut 483.

Baca Juga  Terpapar Covid-19, Bayi di Manado Akhirnya Meninggal Dunia

Almarhum adalah imam Keuskupan Amboina yang semasa hidupnya mengabdikan diri di Sulut. Menurut informasi yang diperoleh dari salah satu dosen STF-SP Pastor Stenly Pondaag MSC, semasa berkarya di Sulut Almarhum menjabat Dosen Moral dan Spiritualitas di STF-SP, sekaligus Dewan Pembina bagi para frater Diosis Amboina di Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng.

Almarhum juga pernah menjadi Bendahara Yayasan Perguruan Tinggi Katolik Keuskupan Manado (sampai bulan Agustus 2022). Dalam tugasnya sebagai seorang imam bagi umat Katolik, Almarhum melayani di Paroki Santa Ursula Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Selain itu Almarhum juga pernah memimpin Misa hari Minggu dan pada hari raya keagamaan umat Katolik dan hajatan lainnya, di sejumlah paroki salah satunya Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng.

Banyak yang mengenalnya sebagai sosok yang sangat kebapakan dan murah senyum serta pribadi yang tekun menjalankan imamatnya hingga akhir hidup. Kesaksian hidup Almarhum telah memotivasi dan menjadi inspirasi bagi banyak anak muda yang kemudian memutuskan untuk menjawab panggilan Tuhan menjadi seorang imam atau pastor.

Baca Juga  "Kasih Karunia Allah Ada Pada-Nya"

Sementara itu kesaksian tentang sosok dan karya dari Almarhum ditulis Pastor Albertus Sujoko yang dibagikan di whatsapp group.

“P. Yonas yang memperhatikan, membangun dan merapikan ruang2 doa di komunitas diosesan, membangun kapel seminari pineleng jadi indah, membangun asrama putri dan putra untuk kateketik dan membangun asrama putri. stipas di Tomohon. Membangun 2 unit baru di seminari pineleng dan merehab gedung kampus STF SP. Luar biasa kerajinan pst. YONAS dalam menjalankan tugas sebagai imam, dosen, dan seorang sahabat yang sangat baik. Selamat memasuki rumah Bapa di sorga P. Yonas,” tulis Pastor Sujoko.

Sementara itu di whatsapp juga beredar informasi terkait acara pemakaman Almarhum sebagai berikut:

Baca Juga  Pesan Gisel untuk Putrinya: Maaf ya Mama Masih Jauh Sekali dari Sempurna, Tapi Tuhan Tetap Sangat Baik

Info Keuskupan Amboina tentang Pemakaman RD. YONAS ATJAS:

(1). Kamis, 18 Agustus 2022
Pukul 09.00 : Jenazah dari RS. Siloam menuju Gereja Katedral Ambon

Pukul 09.30 : Jenazah tiba di Gereja Katedral Ambon. Dijemput oleh Uskup Diosis Amboina.

Pukul 20.00 : Misa Requiem dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Amboina, RD. Anton Kewole Lerek

Pukul 21.30 – 06.00 umat melayat diatur oleh Wakil Uskup Kota Ambon.

(2). Jumat, 19 Agustus 2022

Pukul 20.00: Misa Requiem dipimpin oleh Ketua Unio Keuskupan Amboina, RD. Amandus Oratmangun

(3). Sabtu, 20 Agustus 2022

Pukul 10.00 : Misa Pemakaman dipimpin oleh Mgr. Seno Ngutra, Uskup Diosis Amboina.

Pukul 12.00: Ibadah Pemakaman di Tempat Pemakaman Ahuru oleh Rektor Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng.

Ad Vitam Aeternam…. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0