HomeBeritaBerita Utama

Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi Dilantik, Bamsoet Puji Prabowo-Sandi

Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi Dilantik, Bamsoet Puji Prabowo-Sandi

JAKARTA, JP- Joko Widodo bersama Ma’ruf Amin telah reami dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, dalam sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Parlemen Jakarta, Minggu (20/10/2019) sore.

Saat membuka sidang, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengucapkan salam dan selamat datang kepada para pejabat serta tamu yang hadir salah satunya untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Tak hanya mengucapkan salam, Bamsoet juga turut memberikan sepenggal pantun untuk Prabowo. Pantun tersebut menyinggung kediaman Megawati di Teuku Umar dan tempat biasa Prabowo menggelar konferensi pers di Kertanegara.

“Dari Teuku Umar ke Kertangera, dijamu nasi goreng oleh Ibu Mega. Meski Pak Prabowo tak jadi kepala negara, tapi masih tetap bisa berkuda dan lapang dada,” kata Bamsoet di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10).

Bamsoet melemparkan pantun tersebut sambil tersenyum. Prabowo yang menerima pantun tersebut bersama tamu yang hadir sontak bertepuk tangan sembari tertawa.

Prabowo terlihat turut tersenyum dan tertawa mendengar pantun buatan Bamsoet tersebut. Ia tertawa sambil menepuk tangan dengan antusias.

Baca Juga  Tim Sepak Bola Manado Sukses di Porprov, SSK Beri Bonus Kepada Pemain dan Pelatih

Lalu Bamsoet membacakan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang penetapan Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2019, dilanjutkan sumpah janji.

Setelah itu, Jokowi dan Ma’ruf secara bergantian mengucapkan sumpah jabatan.

Adapun bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Jokowi sebagai Presiden RI terpilih adalah:

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”

Kemudian, giliran Ma’ruf Amin mengucapkan sumpah jabatan sebagai Wakil Presiden terpilih. Bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Ma’ruf ialah:

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”

Setelah itu, Jokowi dan Ma’ruf bersama pimpinan MPR RI kemudian menandatangani Berita Acara Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024.

Baca Juga  Pengembangan Berkelanjutan dari Smart Grid, PLN Jajaki Kerja Sama Dengan Perusahaan Asal UEA

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pidato Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bamsoet.

Dalam sambutannya, Bamsoet juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Kehadiran keduanya dianggap Bamsoet sebagai bentuk sikap lapang dada oleh mantan pesaing Jokowi-Ma’ruf tersebut. Bamsoet pun mengutip sebuah pernyataan lapang dada yang sempat dilontarkan Prabowo.

“Izinkan kami dari meja majelis atas ketulusan Bapak Prabowo dan Sandaiaga Uno menerima hasil pemilihan dengan jiwa yang besar,” ujar Bamsoet.

“Ada saatnya kita bertempur dan bersatu kembali. Kalau kata pak Prabowo bersatu indah bersatu itu keren,” lanjut dia.

Kemudian, Jokowi mendapatkan waktu untuk menyampaikan pidato awalnya sebagai Presiden RI.

Jokowi beraalaman dengan Prabowo Subianto.

Acara ini dihadiri sejumlah mantan presiden dan wakil presiden seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Hamzah Haz, Boediono dan Megawati.

Juga kepala negara atau perwakilannya yang hadir di pelantikan Jokowi-Ma’ruf diantaranya Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden Republik Rakyat China Wang Qishan, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Raja Eswantini Raja Mswati III, Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, Deputi Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea-ngam, utusan khusus Presiden Amerika Serikat Hon. Elaine L. Chao, utusan khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan Mabarak Al Nahyan, utusan khusus Kaisar Jepang, utusan khusus Presiden Korea Noh Young-min, utusan khusus Presiden Laos Saleumxay Kommasith, utusan khusus Presiden Suriname Soewarto Mustadja, dan utusan khusus Serbia Zoran Djordjevic.

Baca Juga  Buka Kejuaraan Taekwondo, Ini Harapan Wawali Mor

Selain itu, ada 689 anggota DPR dari 711 jumlah anggota DPR, seluruh Ketua Umum Parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, antaranya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Plt Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa, Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang dan lainnya. Tak hanya itu, jajaran menteri Kabinet Kerja juga turut menghadiri pelantikan Jokowi. (JPc/cnni)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0