HomeBerita

Ribuan KBK Kevikepan Manado Hadiri Misa Syukur dan Defile, Pastor Revi: Jangan Berhenti Menabur Kebaikan Meski Salib Berada Dibalik Taburan

Ribuan KBK Kevikepan Manado Hadiri Misa Syukur dan Defile, Pastor Revi: Jangan Berhenti Menabur Kebaikan Meski Salib Berada Dibalik Taburan

FOTO: (Kiri atas ke bawah): Ketua Carateker KBK Kevikepan Manado Charles Ngangi, Ketua Panitia masing-masing Robbynson Rorong, Sekretaris Umum KBK Keuskupan Manado Jemmy Pandelaki, (Kanan atas ke bawah) Vikep Manado Pastor Revi Tanod Pr, Ketua Umum KBK Keuskupan Manado Edwin Kindangen dan para KBK saat mengikuti Misa Syukur.

MANADO, JP – Perayaan Misa Syukur dan Lomba Defile yang digelar dalam rangka kegiatan akbar bertajuk Musyawarah dan Pertemuan Umum V Kaum Bapak Katolik (KBK) Kevikepan Manado dihadiri ribuan KBK yang tersebar di 13 paroki. Informasi yang didapat jejakpublik.com menyebutkan bahwa rata-rata setiap paroki mengutus minimal 100 orang untuk mengikuti dua kegiatan tersebut, yang berlangsung di Gereja Katolik Paroki Yesus Gembala Baik, Jalan Babe Palar (Rike) Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (16/07/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Vicaris Episcopalis (Vikep) Manado Pastor Refael H. M. Tanod Pr, bersama para pastor paroki se-Kevikepan Manado, Ketua Umum dan Sekretaris Umum KBK Keuskupan Manado Drs Edwin Kindangen MSi dan Jemmy Pandelaki beserta pengurus KBK Keuskupan Manado, Moderator KBK Kevikepan Manado Pastor Damianus Yangko Alo Pr, Ketua Carateker KBK Kevikepan Manado DR. Ir. Charles Ngangi M.S., Ketua, Sekretaris dan Bendahara Panitia masing-masing Robbynson Rorong, Yohanes Tri Miharjo dan Fransiskus Tana beserta jajaran panitia, para ketua dan pengurus KBK Paroki se-Kevikepan Manado, Ketua KBK Kevikepan Tombulu Lexi Mantiri, Koordinator Umum Pengurus Harian Legio Christi Keuskupan Manado Letkol. Inf. (Purn) Vincentius Mamarodia beserta pengurus dan anggota Legio Christi yang ikut melakukan pengamanan di Gereja dan sepanjang kegiatan Lomba Defile, para Frater yang menjadi tim juri Lomba Defile serta sejumlah undangan.

Misa Syukur yang dipimpin Vikep Manado Pastor Revi Tanod Pr bersama para Pastor Paroki se-Kevikepan Manado.


Misa syukur dipimpin Vikep Manado Pastor Refael H. M. Tanod Pr selaku selebran utama, bersama para pastor paroki se-Kevikepan Manado sebagai conselebran.

Baca Juga  Wamendag Jerry Sambuaga Kunjungi Pasar di Sulut, Pastikan Stok Bapok Ramadhan Aman, Harga Stabil

Mengawali khotbahnya berdasarkan Injil Matius 13: 1-23, Pastor Revi Tanod menggambarkan belas kasih Allah dalam kisah anak yang hilang dan Allah sebagai penabur sejati.

Terkait Allah sang penabur sejati, ia menegaskan bahwa Allah menabur benih kepada semua orang tanpa memandang latar belakang orang tersebut, begitu juga dengan Kaum Bapak Katolik.

“Bibit yang ditaburkan Allah adalah yang unggul. Allah tidak memberi barang jadi tapi memberi bibit dan bibit yang diberikan adalah yang unggul. Tinggal bagaimana kita menyambut taburan itu dan mengembangkannya dalam kehidupan kita,” ujarnya

Pastor Revi mengajak seluruh KBK untuk selalu berkomitmen menabur kebaikan.

“Ada istilah tabur tuai. Kalau kita menabur kebaikan maka kita menuai kebaikan begitupun sebaliknya. Apapun orang bilang kita terus menabur kebaikan. Jangan berhenti menabur kebaikan meski salib berada di balik taburan itu,” katanya.

KBK Paroki Ratu Rosari Suci Tuminting yang disebut sebagai kontingen terbanyak.


Namun ia mengingatkan KBK akan ada orang jahat ketika menabur kebaikan.

“Mother Theresia mengatakan semakin kita baik, orang akan menipu kita. Seribu kebaikan yang kita lakukan orang akan menipu kita. Ketika kita menabur benih baik ada ilalang dan Tuhan tidak mencabut ilalang itu supaya kita kuat nanti terlihat buahnya mana gandum mana ilalang. Meski kita ditanam di tengah-tengah ilalang tapi kita bisa menghasilkan buah,” jelasnya.

Baca Juga  Gubernur Olly Dikabarkan Dipanggil ke Istana, Ketua Bappilu PDIP Mengaku Tak Tahu, Tapi Sebut Nama-nama Lain

Meski demikian, Pastor Revi mengajak KBK untuk selalu bersukacita.

“Kita harus selalu bersukacita menyambut benih unggul dari Tuhan dan menumbuhkembangkannya dalam hidup. Kita harus menghargai semua yang Tuhan berikan dan kembangkan itu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Robbynson Rorong membeberkan rangkaian kegiatan di iven akbar Musyawarah dan Pertemuan Umum V KBK Kevikepan Manado ini. Diantaranya acara pembukaan, musyawarah pemilihan ketua KBK Kevikepan Manado, sejumlah lomba yakni Koor KBK, Tari Pasutri, Pendarasan Mazmur, KBK Idol dan Defile serta pertandingan Catur dan Tenis Meja. Khusus pemilihan ketua, Rorong menyebut hasil pemilihan ketua terpilih ditentukan oleh Vikep Manado.

“Kita mendapat dukungan bantuan dana dari banyak pihak, merek peduli dengan kegiatan kita, baik secara kelembagaan maupun secara perorangan,” ucap Rorong sambil menyebut nama-nama para donatur.

Pengurus KBK Keuskupan Manado dan sejumlah KBK Paroki.


Ketua Carateker KBK Kevikepan Manado Charles Ngangi mengajak KBK untuk selalu ingat dan mewujudkan semboyan pro familia, ecclesia et patria (untuk keluarga, gereja dan tanah air).

“KBK harus menjadi bibit-bibit unggul agar dapat menghasilkan buah yang baik. Saling mensupport dan merangkul satu dengan yang lain,” ajaknya.

Ngangi yang juga adalah pengurus KBK Keuskupan Manado ini menyebut Musyawarah dan Pertemuan Umum V KBK Kevikepan Manado merupakan wadah pemersatu dan membangun kebersamaan.

“Ini acara KBK untuk membangun persatuan dan kebersamaan diantara kita,” tandasnya.

Baca Juga  Pakai Motor Trail Taklukan Medan Terjal, Bupati Cantik Ini Ternyata Sosok Yang Dermawan dan Toleran

Sedangkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya yang dibacakan Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Ekonomi dan Perdagangan Drs Edwin Kindangen MSi menyampaikan ucapan selamat bermusyawarah dan menjalani pertemuan umum KBK ini.

“Selamat bermusyawarah dan menjalani pertemuan umum KBK Kevikepan Manado. Tetaplah setia dalam pelayanan Tuhan dan terhadap pembangunan daerah. Kegiatan ini kesempatan berbagi pemikiran, pengalaman, tantangan dan perubahan serta membangun kebersamaan dan kerjasama sehingga kita dapat menghadapinya,” ungkapnya.

Ketua KBK Kevikepan Manado Terpilih Aldrin Anis (tengah) bersama Pengurus KBK Keuskupan Manado dan KBK Paroki.


Gubernur menyampaikan terima kasih kepada KBK Kevikepan Manado yang selama ini telah memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan daerah.

“Kita terus berkarya dengan semangat cinta kasih dan gotong rotong demi terwujudnya Sulut yang maju dan sejahtera,” ajaknya.

Gubernur menghimbau seluruh KBK untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan terkait pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024

“Jelang Pemilu jangan sampai perbedaan memecah belah persatuan dan kebersamaan. Kita harus selalu bergandengan tangan mendengarkan aspirasi agar Pemilu berjalan aman dan kondusif serta sukses,” pungkasnya.

Salah satu peserta Lomba Tari Pasutri KBK Kevikepan Manado.


Di penghujung Misa Syukur ini, Pastor Revi mengumumkan ketua terpilih KBK Kevikepan Manado. Dari tiga kandidat yang meraih suara di atas 4 suara yakni Aldrin Anis, Lucky Senduk dan Lock Kojongian, terpilih Aldrin Anis sebagai Ketua KBK Kevikepan Manado.

Usai Misa dilanjutkan dengan kegiatan Lomba Defile yang diikuti kontingen-kontingen dari 13 paroki se-Kevikepan Manado dengan beragam tema yang menarik dan penuh makna. Kegiatan defile ini menarik perhatian warga kota Manado.

Salah satu kontingen KBK Paroki di Lomba Defile.


Malam harinya berlangsung lanjutan lomba diantaranya Pendarazan Mazmur dan Tari Pasutri. Di mana hasilnya Paroki Santo Joseph Kleak meraih juara umum, disusul Paroki Santa Theresia Malalayang dan Paroki Ratu Rosari Suci Tuminting masing-masing juara kedua dan ketiga. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0