HomeNasional

Sah! Presiden Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB

Sah! Presiden Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB

FOTO: Abdullah Azwar Anas saat diambil sumpah dan dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi MenPan-RB ) di Istana Negara Jakarta,.

JAKARTA, JP  – Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022). Azwar Anas resmi menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia, beberapa waktu lalu.

Pelantikan Azwar Anas berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Abdullah Azwar Anas.

“Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?,” kata Presiden Jokowi saat pelantikan, Rabu (07/09/2022).

Baca Juga  Putri Wapres Gabung Demokrat: Signal Dukung Pemerintah dan Paket MA-AHY di Pilpres 2024?

“Bersedia,” kata Azwar Anas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti Azwar Anas.

Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Baca Juga  Secara Daring, Jokowi Pantau Vaksinasi Covid-19 di Talaud

Selain itu, hadir Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Perlu diketahui, Menpan RB sebelumnya Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal karena sakit dan telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta. Untuk mengisi kekosongan, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Plt Menteri PANRB. Penunjukan Mahfud sebagai Plt Menteri PANRB itu terhitung sejak 16 Juli 2022.

Adapun Azwar Anas merupakan politikus PDIP yang mengawali karier politik pada 1997 sebagai Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan. Lalubpada 2004, ia menjadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun ia gagal melanjutkan karier di parlemen pada pemilu lima tahun kemudian. Selanjutnya Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi 2010-2015 dan kembali melanjutkan kepemimpinan setelah terpilih kembali pada 2015. Di tengah-tengah masa jabatan, Azwar sempat mengikuti Pilgub Jawa Timur pada 2018.

Baca Juga  Hari Ini Dilantik Jokowi, Pengganti Tjahjo Kumolo Kader PDIP, Tapi Bukan Olly cs

Sayangnya, Azwar yang menjadi calon wakil gubernur dan berpasangan degan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul gagal di tengah jalan.

Setelah bergabung dengan PDIP, dia menjadi salah satu kader kebanggaan partai berlambang banteng itu, yang menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari lalu.

Nama Azwar sempat diisukan menjadi kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun menyebut Anas sebagai salah satu kandidat presiden dari PDIP. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0