HomeBerita

Tepis Berita Hoax, Tonaas Wangko Pendeta Hanny Pantouw Tegaskan LMI Tidak Terlibat Peristiwa Bitung, Ini Pernyataan Lengkapnya

Tepis Berita Hoax, Tonaas Wangko Pendeta Hanny Pantouw Tegaskan LMI Tidak Terlibat Peristiwa Bitung, Ini Pernyataan Lengkapnya

MANADO, JP – Ketua Umum DPP Laskar Manguni Indonesia (LMI) Tonaas Wangko Pendeta Hanny Pantouw STh menegaskan Ormas Adat LMI tidak terlibat dalam peristiwa yang terjadi di kota Bitung yang terjadi pada Sabtu (25/11/2023).

Pernyataan ini tertuang dalam pernyataan dan klarifikasi resmi Ormas Adat LMI yang dibacakan langsung Pendeta Hanny Pantouw dengan didampingi pengurus DPP LMI, yang berlangsung di Markas Besar LMI di Jalan Sea Malalayang Satu Barat Kecamatan Kota Manado, Rabu (29/11/2023).

Tonaas Wangko Pdt Hanny Pantouw saat memperkenalkan Buku Panduan Organisasi LMI yang mengikat seluruh anggota LMI.


“Ormas Adat Laskar Manguni Indonesia tidak terlibat dalam bentuk apapun dengan peristiwa di kota Bitung,” demikian bunyi poin pertama pernyataan dan klarifikasi resmi Ormas Adat LMI yang dibacakan Pendeta Hanny.

Baca Juga  Jimmy Sutopo Divonis 13 Tahun Penjara

Selain poin pertama ini, ada 4 poin lain yang disampaikan diantaranya menegaskan komitmen LMI dalam menjaga toleransi beragama dan berkorban menjaga NKRI, mendukung penuh TNI/Polri dalam menyelesaikan masalah yang sudah terjadi di kota Bitung tersebut serta ikut menciptakan kondisi yang kondusif di kota Bitung bahkan di seluruh Indonesia, mengingat berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, LMI merupakan Ormas Adat terbesar di Indonesia dengan kepengurusannya sampai di luar negeri ini.

Poin terakhir yang ditegaskan Pendeta Hanny dalam pernyataan dan klarifikasinya, Pendeta Hanny menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota LMI di seluruh Indonesia dan bahkan pengurus dan anggota di Amerika Serikat untuk tidak menyebarkan berita-berita hoax yang berpotensi memprovokasi dan menyulut kerusuhan. (JPc)

Rapat Koordinasi DPP LMI menyikapi berita hoax menyerang LMI terkait peristiwa di Bitung.


Berikut pernyataan dan klarifikasi lengkapnya:

Baca Juga  Unik dan Inspiratif! Maknai Natal Pendeta Hanny Pantouw Gelar Silaturahmi Bahas Moderasi Beragama Bersama Kakanwil Kemenag dan Sejumlah Tokoh Muslim

PERNYATAAN DAN KLARIFIKASI DEWAN PIMPINAN PUSAT LASKAR MANGUNI INDONESIA

DENGAN INI MENYAMPAIKAN PERNYATAAN DAN KLARIFIKASI TERHADAP BERITA-BERITA HOAX PASCA PERISTIWA DI KOTA BITUNG HARI SABTU 25 NOVEMBER 2023

1. BAHWA ORMAS ADAT LASKAR MANGUNI INDONESIA, TIDAK TERLIBAT DALAM BENTUK APAPUN DENGAN PERISTIWA DI KOTA BITUNG

2. BAHWA ORMAS ADAT LASKAR MANGUNI INDONESIA, HADIR DAN DIDIRIKAN UNTUK MENCIPTAKAN KEDAMAIAN HIDUP TOLERANSI ANTARA UMAT BERAGAMA, TANPA MEMANDANG SUKU, AGAMA, RAS DAN GOLONGAN DI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESA.

3. BAHWA ORMAS ADAT LASKAR MANGUNI INDONESIA MENDUKUNG PENUH PIHAK KEPOLISIAN DALAM RANGKA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP OKNUM-OKNUM YANG DIDUGA TERLIBAT DIDALAM PERISTIWA DI KOTA BITUNG.

Baca Juga  Pengurus DPD dan Wulan LMI Bitung Dilantik, Pdt Hanny: Jadilah Pemersatu Bukan Provokator

4. BAHWA KAMI PENGURUS DAN ANGGOTA LASKAR MANGUNI INDONESIA DI SELURUH NUSANTARA DAN DILUAR NEGERI SIAP DAN RELA BERKORBAN UNTUK MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

5. MENGHIMBAU KEPADA SELURUH PENGURUS DAN ANGGOTA LASKAR MANGUNI INDONESIA UNTUK BEKERJASAMA DENGAN MASYARAKAT, TNI/POLRI, PEMERINTAH DALAM MENJAGA SITUASI DAN KONDISI UNTUK TETAP KONDUSIF SERTA TIDAK MENYEBARKAN BERITA-BERITA HOAX YANG BERPOTENSI MEMPROVOKASI DAN MENYULUT KERUSUHAN.

DEMIKIANLAH PERNYATAAN DAN KLARIFIKASI INI KAMI SAMPAIKAN UNTUK DAPAT DILAKSANAKAN OLEH SELURUH PENGURUS DAN ANGGOTA LASKAR MANGUNI INDONESIA, SERTA DIKETAHUI MASYARAKAT UMUM.

MANADO, RABU 29 NOVEMBER 2023

DEWAN PIMPINAN PUSAT LASKAR MANGUNI INDONESIA

TONAAS WANGKO HANNY PANTOUW, S.TH
SEKRETARIS JENDERAL DRS. TRIUS SEMUEL ABAS

Pernyataan dan Klarifikasi LMI terkait Peristiwa Bitung.


Pernyataan dan Klarifikasi LMI terkait Peristiwa Bitung.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0