HomePolitik

Amankan Kursi Golkar di DPR RI, Kader Desak CEP Usung AJP, Jerry Sambuaga, JWS dan Jabes Gaghana

Amankan Kursi Golkar di DPR RI, Kader Desak CEP Usung AJP, Jerry Sambuaga, JWS dan Jabes Gaghana

MANADO, JP – Sejumlah Kader Partai Golkar di Sulawesi Utara mendesak Ketua DPD Partai Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu (CEP) untuk fokus mempertahankan dan bahkan menambah jumlah kursi di DPR RI.

Pasalnya, saat ini jumlah kursi di DPR RI hanya satu dan Partai Golkar kalah dari Partai Nasdem. Belum lagi beredar kabar sejumlag partai politik lain terlebih PDI Perjuangan telah menyiapkan kader-kader terbaik mereka untuk maju menjadi Anggota DPR RI.

Dalam desakan itu, para kader memgusulkan 4 nama figur yang layak ditetapkan menjadi Calon Legislatiif (Caleg) di level DPR RI. Mereka adalah incumbent Adrian J. Paruntu (AJP), Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Bupati Sangihe Jabes Gaghana dan mantan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS). Empat caleg pria ditambah dua srikandi beringin yang mumpuni diyakini bisa membuat Partai Golkar mempertahankan satu kursi di DPR RI atau bisa bertambah jadi sua kursi.

Baca Juga  Sulut Ketambahan 12 Pasien Positif Corona, Kebanyakan Karena Riwayat Perjalanan

Terkait hal ini Pengamat Politik Sulut Stefanus Sampe Ph.D ketika dimintai tanggapannya mengaku sangat memaklumi desakan para kader tersebut.

“Partai Golkar itu partai besar baik di level nasional maupun di daerah. Karena itu cukup memprihatinkan jika di Pileg lalu hanya mendapat satu kursi di DPR RI dan kalah dari Partai Nasdem. Karena itu wajar kalau sejak jauh-jauh hari kader Partai Golkar mengingatkan ketuanya,” paparnya.

Menurut Sampe, empat figut yang disebutkan kader tersebut sangat layak untuk ditetapkan sebagai Caleg DPR RI.

Baca Juga  Hasil Survei IPIRC Petahana di Bawah 50 Persen, Anwar: OD Sangat Berpotensi Dikalahkan VAP

“Pak Adrian Paruntu berstatus incumbent di senayan. Pak Jerry Sambuaga seorang pejabat nasional dengan jabatan wakil menteri. Pak JWS seorang mantan wakil bupati dan bupati Minahasa serta di Pileg 2019 lalu meraih suara signifikan sebagai Caleg DPR RI. Sedangkan Pak Jabes Gaghana merupakan seorang kepala daerah. Jika keempat ini ditetapkan sebagai Caleg DPR RI ditambah dua Srikandi yang mumpuni bukan tidak mungkin Partai Golkar meraih dua kursi di DPR RI pada Pileg 2024 nanti,” jelasnya.

Khusus JWS dan Jabes Gaghana, lanjut Sampe, sudah selayaknya bertarung di level nasional.

Baca Juga  Rekor 89 Tahun Pecah, Ini Bintang Termuda La Liga

“Pak JWS sebaiknya fokus saja maju Caleg DPR RI peluang terpilih besar. Jangan dulu berpikir maju Pilkada Minahasa. Begitu juga dengam pak Jabes Gaghana yang berpeluang meraih suara pemilih Nusa Utara,” tukasnya.

Sampe mengingatkan kepada CEP untuk sudah harus fokus pada Pileg 2024 khususnya di level DPR RI.

“Jangan sampai kemudian salah menempatkan figur yang membuat Partai Golkar tidak mampu menambah jumlah atau berpotensi tak mendapat kursi di DPR RI. Apalagi partai-pqrtai lain juga mengincar target kursi di DPR RI dan kini tengah mempersiapkan kader terbaik mereka,” tandasnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0